LAMPU MERAH BAGI PINTU IMPORT

Posted on 20 Oktober 2011

0


Gawat ! Tahun depan, perekonomian dunia diperkirakan hanya akan tumbuh 1%. Inilah kesimpulan dari pertemuan kelompok G-20 yang berlangsung di Paris, Perancis, pekan lalu.

Padahal dalam pertemuan G-20 di Washington, Amerika, tiga pekan sebelumnya, mereka masih begitu optimistis perekonomian dunia masih bisa tumbuh 4%. Pertumbuhan tersebut merupakan hasil kontribusi pertumbuhan di negara-negara maju sebesar 1,5% dan negara berkembang 6%..

Jika benar perekonomian dunia hanya tumbuh 1%, berarti ekspor Indonesia tahun depan akan terancam. Tak hanya itu saja, investasi yang masuk ke sini juga diperkirakan akan melemah. Beruntung, negeri ini dikarunia pasar domestik yang sangat kuat.

Dengan dukungan pasar 237 juta jiwa, IMF memperkirakan perekonomian Indonesia di 2012 masih akan tumbuh 6,3%. “Namun Indonesia harus tetap waspada,” kata Agus Martowardoyo, Menteri Keuangan.

Pertumbuhan ekonomi yang tinggi ini tentu akan mencari negara lain untuk memasarkan produknya di Indonesia. China, Vietnam, dan Malaysia diperkirakan akan mengalihkan pasarnya dari Eropa dan Amerika ke Indonesia.

Karena itu, Sofyan Wanandi, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia, meminta pemerintah untuk memperketat pintu impor. “Karena ekonomi Eropa dan Amerika lesu, barang-barang dari negara lain akan membanjiri Indonesia. Ini berbahaya,” katanya.

Sofyan betul. Sebab, barang-barang Indonesia akan kalah bersaing dengan barang impor. Ujung-ujungnya, pengangguran bisa meningkat karena banyak perusahaan lokal yang gulung tikar. [Sumber]

Posted in: Nasional