ASPERINDO TOLAK KENAIKAN TARIF GUDANG KARGO

Posted on 16 November 2011

0


Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia (Asperindo) Wilayah Sumut menolak rencana kenaikan jasa tarif gudang kargo Bandara Polonia Medan.

Ketua Asperindo Sumut M Eka Tarigan mengatakan, kenaikan tarif gudang kargo sangat berdampak buruk bagi keberlangsungan pengusaha pengiriman ekspres yang memiliki ribuan karyawan di Sumut. “Tentu saja kita resah dengan rencana kenaikan tersebut. Karena operasional kita tentunya akan membengkak. sementara kita tidak bisa serta merta menaikan tarif pengiriman kepada konsumen,” ujar Eka.

Gapura Angkasa Medan berencana menaikan tarif sewa gudang hingga 100% dari sebelumnya Rp300. Menurut Dewan Penasihat Asperindo A Tristiyanto, rencana kenaikan tarif sewa gudang tersebut kurang bijak di tengah kondisi perekonomian yang sedang tidak stabil. “Kalaupun dinaikan paling tidak saat bandara pindah ke Kuala Namu. Apalagi kondisi perekonomian kita saat ini sedang tidak stabil,” ucapnya.

Keputusan kenaikan tarif sewa gudang sebesar 100%, tambah dia, sangat memberatkan dan akan mengancam keberlangsungan perusahaan pengiriman ekspres di Sumut. “Jika tetap dinaikan juga, kita akan melakukan protes,” pungkasnya. Sejauh ini pihaknya belum mengetahui apakah kenaikan tarif sewa tersebut berkaitan dengan akan diterapkannya Regulated Agen (RA) di Bandara Polonia Medan yang menangani perihal pengiriman barang kargo.

“Memang pada pertemuan beberapa waktu lalu, di mana pihak Adban pernah mengatakan kalau RA akan diberlakukan di Polonia Medan. Tapi soal waktunya kita belum tahu,” jelasnya.

Posted in: Top News