Ukuran Kontainer

Halaman ini diharapkan dapat membantu memberikan sedikit bantuan gambaran untuk menentukan jenis kontainer yang digunakan dalam pengiriman barang. Ukuran kontainer terdiri dari kontainer 20 feet, 40 feet, 40 feet HC dan 45 feet. Secara umum jenis container dapat di bagi menjadi 3 jenis kering, reefer, serta kontainer khusus. Berikut adalahpenjelasan tentang jenis dan ukuran container standar internasional pada pelayaran, yang sering kita gunakan untuk mengirim barang. Namun perlu diingat bahwa ukuran kontainer dapat dimodifikasi dalam setiap rangkaian kontainer,meskipun tidak terlalu signifikan.

Kontainer Kering / Dry Container

Ada beberapa ukuran dan tipe container kering/dry container:

  • 20 feet dengan kapasitas muat sampai 30 metrik kubik. Namun perlu diingat bahwa standar yang diperbolehkan otoritas pelabuhan tidak sama di tiap-tiap negara. Bagi Indonesia, rata-rata untuk pengiriman internasional hanya diperbolehkan sampai maksimum 20 ton, demikian juga di sebagian besar wilayahAsia. Sementara di Chili, dan negara-negara Amerika Tengah banyak yang maksimum18ton.
  • 40 feet standar dengan tinggi 8’6 feet dengan kapasitas muat sampai 60 metrik kubik dan dan 40 feet high cube dengan tinggi 9’6 feet dengan kapasitas muat sampai 70 metrik kubik. batas berat yang diijinkan biasanya sampai 27-28 ton. Jika di wilayah Amerika Serikat hanya 25ton.
  • 45 feet dengan tinggi 9’6 feet high cube dengan kapasitas muat sampai 86 meter kubik.

Beberapa pelayaran menyediakan untuk kebutuhan khusus, misalnya:

  • Kontainer yang dilengkapi dengan balok menggantung digunakan untuk mengirim pakaian / pakaian digantung tanpa packing karton,
  • Kontainer untuk muatan ekstra berat atau kontainer dengan ukuran pintu yang lebih besar dan dimensi yang lebih besar.
  • Cincin Bull bar dan peringatan untuk tali kargo – wadah berjendela (berventilasi kontainer) untuk tanaman yang memerlukan sirkulasi udara seperti kopi, cokelat, bawang merah, bawang putih, dll

Kontainer Pendingin / Reefer Container

Kita bisa menggunakan kontainer yang dilengkapi dengan pendingin, dan kita dapat mengatur suhu kontainer sesuai yang dibutuhkan. Kontainer ini disiapkan untuk pengiriman barang yang membutuhkan perawatan khusus, seperti ikan beku, sayuran, buah segar. Kita bisa menggunakan kontainer yang dilengkapi dengan pendingin, bahwa kita dapat mengatur sebuah wadah yang dibutuhkan. Detil barang rusak penanganan akan diuraikan lebih lanjut peluang sepeda. Jadi barang-barang berkualitas dan daya tahan tidak tidur sampai pembeli mengambil di negara tujuan.

Biasanya, kontainer, kontainer reefer ini dilengkapi dengan fitur-fitur khusus seperti:

  • Dehumidification sistem yang menjamin suhu dan kelembaban wadah.
  • Bahkan Super freezer kontainer terenda dapat mempertahankan suhu pada -60° C / -76° F.

Kontainer Khusus

Kontainer ini dipergunakan untuk kargo:

  • Kargo dengan dimensi dan berat barang melebihi batas normal penggunaan kontainer standar.
  • Kontainer Flat rak dan tween deck buatan (ATD), baik 20″ dan 40″, merupakan kontainer yang tidak memiliki dinding atau atap permanen.
  • Tutup bisa dibuka sesuai kebutuhan. Cocok untuk proses loading dari atas atau dari samping kontainer. Biasanya digunakan untuk mesin-mesin berat, pipa, dll.
  • Open Top Container, 20″ dan 40″ yang atapnya dapat dibuka atau ditutup dengan terpal.

 

Be the first to start a conversation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: